Yuk Cegah Serangan Jantung, Ini Dia 5 Nutrisi Penting yang Perlu Dikonsumsi







Santap makanan-makanan berikut ini untuk menyehatkan jantungmu! Foto: iStock

Moslemcommunity - Serangan jantung masih menjadi momok bagi sebagian orang. Penyakit yang bisa berujung pada kematian mendadak ini sebenarnya dapat dicegah dengan mengatur pola makan serta nutrisinya. Akan tetapi, masih banyak diantara kita tidak sadar nutrisi apa saja yang sebenarnya dibutuhkan oleh jantung.

Tidak perlu suplemen aneh-aneh kok, nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung bisa ditemukan dalam makanan sehari-hari. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini sebagian di antaranya.

1. Salmon


Foto: iStock

Ikan salmon dan ikan berlemak lainnya merupakan nutrisi terbaik untuk jantung. Salah satu faktornya karena mengandung banyak asam lemak omega-3.

Omega-3 merupakan nutrisi yang baik untuk menurunkan risiko aritmia (denyut jantung tidak teratur) dan aterosklerosis (penumpukan plak di arteri).

2. Dark Chocolate


Foto: Istock

Dark chocolate memang berperan baik untuk jantung. Mengonsumsi dark chocolate setiap hari dapat mengurangi serangan jantung dan stroke bagi mereka yang berisiko tinggi terserang penyakit ini.

Setidaknya cokelat tersebut mengandung 60-70 persen kakao. Dark chocolate mengandung flavonoid atau disebut polifenol (antioksidan) yang membantu dalam mengatur tekanan darah, pembekuan, dan peradangan di tubuh.

3. Tomat


Foto: iStock

Tomat tinggi potasium (antioksidan) yang baik untuk jantung. Ditambah, tomat merupakan sumber yang baik dalam membantu menyingkirkan kolesterol 'jahat', menjaga pembulu darah tetap terbuka dan menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Kacang-kacangan


Foto: iStock

Kacang almond, walnut, pistachio, dan kacang tanah merupakan kacang-kacangan yang mengandung serat baik untuk jantung kamu. Selain mengandung vitamin E untuk mengurangi kolesterol jahat, beberapa kacang juga mengandung lemak omega-3 dimana memiliki risiko lebih rendah terserang penyakit jantung.

5. Minyak Zaitun


Foto: iStock

Mengonsumsi minyak zaitun empat sendok sehari dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung dan stroke. Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik, yang berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol dan gula darah. (detik.com)


Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: