Mau Larimu Sekencang Muhammad Zohri? Begini Latihannya







Foto: Stephen Pond/Getty Images for IAAF

Moslemcommunity.net - Lalu Muhammad Zohri buat bangga Indonesia dengan memenangkan juara dunia pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia. Berdasarkan keterangan dari KBRI Helsinki, pelari asal Lombok Utara ini menorehkan catatan waktu 10,18 detik untuk nomor lari sprint 100 meter.

Lantas, bagaimana sih caranya mendapatkan kemampuan berlari yang lebih kencang Zohri? Pastinya dengan latihan yang keras, tapi latihan seperti apa? Berikut ini, detikHealth merangkum tipsnya buat kamu.

1. Harus belajar mengatasi rasa tidak nyaman
Kebanyakan pemula merasa kesulitan untuk berlari kencang karena tidak berani meninggalkan zona nyaman. Padahal, langkah pertama menjadi lebih cepat adalah bagaimana pelari belajar untuk berpacu.

Saat kamu mendorong diri selama latihan kecepatan, kamu jangan kaget ketika dihadapkan dengan ngos-ngosan dan rasa 'panas' serta lelah pada kaki-kakimu. Awalnya memang aneh sih dan enggak nyaman, tapi lama-lama kamu akan terbiasa. Yang pasti, jangan terlalu memaksakan diri juga. Kamu yang tahu kemampuanmu.

2. Latihan lari menanjak
Menanjak bukit adalah cara yang efisien untuk membangun kekuatan berlari. Temukan bukit yang cukup terjal dengan panjang sekitar 100 meter. Berlari dengan keras ke puncak bukit, dan pelan-pelan jogging kembali ke bawah. Mulailah dengan 3-4 pengulangan sekali seminggu, dan secara bertahap naikkan repetisinya.

Dijamin deh, ketika kamu sudah terbiasa berlari dengan medan menanjak, kemampuanmu untuk berlari juga jadi semakin cepat.

3. Turunkan berat badan
Kalau berat badanmu belum menyentuh angka ideal, mungkin keputusan untuk melakukan perubahan pada pola makan bisa membantumu untuk meningkatkan kemampuan berlari agar semakin cepat.

Berlari dengan berat badan yang ideal bisa membuat napasmu menjadi tidak terengah-engah, ayuhan langkahmu bisa menjadi lebih tegas ketika berlari. Ingat, lakukan diet dengan cara yang sehat ya dengan tetap memperhatikan keseimbangan nutrisi.

4. Jangan lupa istirahat
Jangan berasumsi bahwa bekerja keras setiap hari akan membuat kamu lari lebih cepat. Istirahat sangat penting untuk upaya pemulihan dan pencegahan cedera , jadi jangan lupa untuk mengambil setidaknya satu hari libur setiap minggu.

Otot benar-benar membangun dan memperbaiki diri selama kamu beristirahat, jadi jangan dianggap remeh. Kalau kamu berlari setiap hari tanpa libur, yang ada peningkatannya justru jadi tidak terlalu kelihatan.

(detik)

[http://news.moslemcommunity.net]


Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: