Puasa dan Sholat, Keduanya Tak Bisa Dipisahkan






Orang Sholat. (Foto: ilustrasi)

Moslemcommunity.net - DALAM banyak ayat Al-Quran Allah Subhanahu Wa Taala menyeru para hamba untuk bertaqwa. Tujuannya agar kita meraih derajat mulia di sisi Allah dengan takwa. Sebab, itulah derajat paling mulia di sisi Allah:

"Sesungguhnya yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertakwa di antara kalian."

Untuk itu, marilah menjadikan taqwa ini perhiasan dalam setiap detik kehidupan kita. Taqwa yang dimaksud, adalah sebagaimana yang diungkapkan oleh Thalq bin Habib:

"Taqwa adalah; saat engkau mengerjakan ketaatan di atas cahaya ilmu dari Allah (yaitu pengetahuan tentang syariat-Nya) karena mengharap anugerah dari-Nya semata. Dan saat engkau meninggalkan kemaksiatan atas dasar cahaya ilmu dari Allah, karena takut akan siksa-Nya."

Inilah hakikat taqwa. Taat pada Allah atas dasar ilmu dan keikhlasan. Hanya karena Allah dan untuk Allah. Ketaqwaan inilah yang hendak diwujudkan melalui puasa Ramadhan. Inilah tujuan inti Madrasah Ramadhan. Sebagaimana Allah telah menegaskannya dalam al-Quran:

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (QS. Al-Baqarah: 183)

Taman ketakwaan itu diharapkan tetap subur dan bersemi selepas Ramadhan. Ditandai dengan ketaatan yang bertambah dan konsisten, juga rasa takut untuk kembali pada kemaksiatan dan kemunkaran. Dari sini, kita bisa melihat tali kokoh yang menyatukan antara ibadah puasa dan shalat. Puasa adalah jembatan menuju takwa. Sementara shalat, adalah benteng yang menjaga hamba dari perbuatan keji dan munkar. Takwa, mustahil diraih jika perbuatan keji dan munkar masih dilakukan. Dengan demikian, antara puasa dan shalat, keduanya tidak bisa dipisahkan. Sehingga tidak heran jika banyak ulama memfatwakan tidak sah atau tidak diterimanya ibadah puasa orang yang tidak shalat (Majmuu Fataawa wa Maqaalaat Mutanawwiah: 15/177-178, Syaikh Bin Baaz). (inilah.com)

[http://news.moslemcommunity.net]


Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: