Luar Biasa! Anggaran Pohon Imitasi Rp8,1 Miliar? Benarkah?

Pohon palsu alias imitasi yang ditanam di jalan Sudirman Thamrin. Photo : Dokumen Kodam XVII Cenderawasih

Moslemcommunity.net - Setelah dikecam dan mendapat protes keras dari masyarakat, akhirnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencabuti puluhan pohon palsu alias imitasi yang ditanam di trotoar sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Namun, meski pohon-pohon palsu telah raib dari trotoar. Kebijakan Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjadi sorotan tajam masyarakat, terutama tentang anggaran pengadaan pohon berbahan baku plastik itu.

Berdasarkan pengamatan VIVA, untuk menanam pohon palsu pengganggu pejalan kaki itu, Pemprov DKI menggelontorkan dana tak sedikit.


Dalam Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik atau LPSE, tercatat Pemprov DKI menganggarkan dana hingga sembilan miliar rupiah lebih untuk pengadaan tanaman dan bahan dekorasi.

Tercatat, pagu anggaran pengadaan tanaman dan bahan dekorasi Rp9.270.586.600,00, dengan HPS Rp8.525.540.200,00.

Dan tender pengadaan itu dimenangkan oleh PT CAHAYA PERISAI AFIYAH, dengan harga penawaran Rp8.104.049.250,00.

Tertulis, lelang pengadaan dikeluarkan Dinas Kehutanan DKI Jakarta, dengan nama lelang Pengadaan Tanaman dan Bahan Dekorasi.

Dibantah

Namun, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno membantah tudingan dan informasi yang beredar di media sosial terkait pengadaan dan penanaman pohon imitasi tersebut. Menurut dia, pohon imitasi yang ditanam di sepanjang jalan Thamrin-Sudirman tersebut bukan proyek Dinas Kehutanan melainkan proyeknya Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat.

"Setiap memasuki hari raya atau hari-hari besar, para Sudin itu berinisiatif untuk beautification, memasang lampu dan sebagainya. Dan itu inisiatif Sudin Jakarta Pusat, Sudin PE Jakarta Pusat," kata Sandiaga ketika ditemui di Kemang, Jakarta Selatan, Kamis malam 31 Mei 2018. (line.me)

[http://news.moslemcommunity.net]
Banner iklan disini
loading...