Inilah 6 Fakta tentang Kebakaran Gedung di PRJ Kemayoran



Moslemcommunity.net - Gedung niaga di area Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Selasa 5 Juni 2018 sore, tampak berbeda seperti biasanya. Terlihat kepulan asap berwarna abu-abu pekat membumbung tinggi ke atas menandakan terjadinya kebakaran di kawasan tersebut.

Puluhan orang dengan wajah panik berlarian mencari titik aman agar tak terkena sambaran api. Ternyata, kebakaran itu terjadi di atap sebuah bangunan, sehingga membuat pengunjung di sana cukup bernafas lega

Pemilik – pemilik stan pun juga ikut berbahagia lantaran barang dagangannya tak menjadi korban dari keganasan si jago merah. Namun, di balik itu terselip sebuah fakta-fakta yang memilukan bila melihat langsung kejadian tersebut.

Berikut fakta-fakta di balik peristiwa kebakaran di Gedung PRJ:

1. Kebakaran terjadi sekira pukul 17.10 WIB

Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat mendapatkan laporan kebakaran tersebut sekira pukul 17.10 WIB. “Dalam penanganan, terdapat korban terjebak di dalam gedung,” tulis Sudin Damkar dalam keterangannya diterima Okezone.

2. Petugas pemadam kebakaran terjunkan 25 mobil

Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat dalam laporannya menyebutkan sudah mengerahkan 25 unit mobil pemadam kebakaran, setelah mendapatkan laporan kebakaran pada pukul 17.10 WIB.

3. Lima pekerja bangunan terjebak di atap gedung

Kasudin Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat Hardisiswan mengatakan, kebakaran yang terjadi di Gedung Niaga PRJ menyebabkan lima orang terjebak.

"Ada yang terjebak lima orang," katanya kepada wartawan, kemarin.

 Menurut Hardisiswan, kelima korban yang terjebak merupakan pekerja bangunan, yang kini berhasil dievakuasi. "Mereka itu pekerja bangunan, jadi mereka berada dibangun yang belum terpakai," ucapnya.



4. Kurang dari 2 jam, api berhasil dipadamkan

Sekira 25 unit mobil pemadam kebakaran berhasil memadamkan api di Gedung Niaga PRJ. Saat ini, petugas dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta sudah melakukan pendinginan.

"Api sudah berhasil dipadamkan saat ini sedang dalam proses pendinginan," kata Kasudin Damkar Jakarta Pusat Hardisiswan, kemarin.

5. Gedung yang terbakar akan digunakan saat Asian Games 2018
Marketing Director PT JIExpo Ralph Scheunemann menjelaskan, gedung tersebut dibangun sejah tahun 2017 dan dijadwalkan akan selesai pada Juli akhir 2018 untuk pakai dalam ajang Asian Games.

"Tahun lalu akan selesai Juli akhir. Agustus akan dipakai untuk breaks Asian Games karena Asian Games kekurangan Hall. Karena itu kita kebut untuk menyuskseskan asean games," kata dia, kemarin.

6. Selidiki penyebab kebakaran di PRJ, polisi periksa satu saksi

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

"Kalau dugaan jangan, polisi bicara fakta dulu, masih penyelidikan. Sementara ini dari keterangan saksi atas nama Y," katanya di Gedung Niaga di Kawasan Pekan Raya Jakarta (PRJ), kemarin.

Menurut keterangan saksi, api mulai menyala dari lantai enam kemudian menjalar ke lantai tujuh. "Itu dinyatakan (saksi) asal muasal api menyala dari lantai 6 dan 7 untuk pastinya perlu olah TKP," tuturnya. (Okezone)

[http://news.moslemcommunity.net]
Banner iklan disini
loading...