Ingin Didoakan Malaikat? Lakukanlah Amalan-amalan Ini







Ilustrasi (© chimerasthebooks)

Moslemcommunity.net - Malaikat adalah makhluk yang paling taat kepada Allah. Mereka selalu beribadah dan tak pernah melakukan kemaksiatan. Selain memuji Allah, para malaikat juga sering mendoakan kepada manusia. Banyak sekali dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah yang menunjukkan bahwa malaikat selalu berdoa untuk orang-orang mukmin, baik doa umum maupun doa khusus karena amal shalih yang khusus. Di antara contoh doa Malaikat secara umum adalah dalam firman Allah Ta’ala:

هُوَ الَّذِي يُصَلِّي عَلَيْكُمْ وَمَلَائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ ۚ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا

“Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikatNya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang) Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orangorang yang beriman.” (Al-Ahzab: 43)

Ibnu Katsir berkata: Adapun shalawat dari malaikat dalam ayat di atas, maknanya adalah doa dan istighfar bagi para manusia. (Tafsir Ibnu Katsir, 3/496)

Sementara doa-doa malaikat yang dipanjatkan secara khusus banyak disebutkan dalam habis Nabi SAW. Doa kebaikan para malaikat diperuntukkan bagi setiap orang yang mengamalkan amal-amal tertentu. Di antaranya.

1.Doa mereka kepada para penuntut ilmu dan yang mengajarkannya.

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَطْلُبُ فِيْهِ عِلْمًا سَلَكَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْـجَنَّةِ وَإِنَّ الْـمَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّهُ لَيَسْتَغْفِرُ لِلْعَالِـمِ مَنْ فِى السَّمَاءِ وَاْلأَرْضِ حَتَّى الْـحِيْتَانُ فِى الْـمَاءِ

“Barangsiapa yang berjalan menuntut ilmu, maka Allah mudahkan jalannya menuju Surga. Sesungguhnya Malaikat akan meletakkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridha dengan apa yang mereka lakukan. Dan sesungguhnya seorang yang mengajarkan kebaikan akan dimohonkan ampun oleh makhluk yang ada di langit maupun di bumi hingga ikan yang berada di air.” (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW juga bersabda, “Sesungguhnya Allah, malaikat-Nya, penduduk bumi dan langit, serta semut yang berada di lubangnya dan ikan paus, mereka semua mendoakan orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.” (HR. Timizi)

2. Doa malaikat kepada bagi orang-orang yang menunggu datangnya waktu shalat dan orang yang duduk di masjid setelah shalat.

Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ أَحَدَكُمْ مَا قَعَدَ يَنْتَظِرُ الصَّلاةَ فَهُوَ فِي صَلاةٍ مَا لَمْ يُحْدِثْ ، تَدْعُو الْمَلائِكَةُ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ ، اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ

“Seorang hamba masih dihitung dalam shalat selama ia berada di tempat shalatnya untuk menunggu shalat dan malaikat akan mendoakannya; Ya Allah, ampunilah dia, Ya Allah, rahmatilah dia, hingga ia beranjak atau berhadas.” (HR Muslim)

3. Doa malaikat kepada orang yang menyempurnakan shaf dan menutup celah shaf.

Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الَّذِيْنَ يَصِلُوْنَ الصُّفُوْفَ.

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya berdoa bagi orang-orang yang menyempurnakan shaf. Dan barangsiapa menutup celah dalam shaf Allah akan mengangkat derajatnya satu tingkat.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

4. Doa malaikat kepada orang yang menempati shaf pertama dalam shalat

Rasulullah bersabda,“Apakah kamu tidak mau membuat shaf layaknya shaf para malaikat di hadapan RabbNya? Lalu kami (shahabat) bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana Malaikat bershaf di hadapan Rabbnya?’ Kemudian Rasulullah menjawab, “Mereka menyempurnakan shaf depan dan merapatkan shaf.” (HR Muslim, 1/322, hadits nomor 430)

5. Doa malaikat kepada orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah.

Rasulullah SAW bersabda,“Tidaklah para hamba memasuki waktu pagi hari, melainkan dua malaikat akan turun. Salah satu malaikat tadi berkata, ‘Ya Allah berikanlah rezeki kepada orang yang berinfaq.’ Dan satunya lagi berkata, ‘Ya Allah berikanlah kenistaan bagi orang yang pelit’.” (HR Al-Bukhari, 3/304, hadits nomor 1442)

6. Doa malaikat kepada orang yang bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah n bersabda, “Tidaklah seorang muslim bershalawat kepadaku kecuali malaikat akan mendoakannya sebanyak ia bershalawat atasku. Maka para hamba hendaknya mempersedikit shalawat atau memperbanyaknya.” (Shahihul Jâmi’, 1/174, hadits nomor 5620)

7. Doa malaikat kepada orang yang melaksanakan sahur.

Rasulullah SAW bersabda:

فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya mendoakan orang-orang yang melaksanakan sahur.” (HR. Ahmad)

8. Doa malaikat kepada orang yang berpuasa ketika orang yang tidak berpuasa makan di hadapannya.

Diriwayatkan dari Ummu Ammarah binti Ka’ab dari kalangan Anshar, bahwa Nabi Saw mampir ke tempatnya. Kemudian Ummu Ammarah menyuguhkan kepada Rasul makanan. Lalu Rasulullah bersabda, “Makanlah.” Kemudian ia berkata, “Aku sedang berpuasa.” Lalu Rasulullah bersabda: ‘Sesungguhnya malaikat mendoakan orang yang berpuasa ketika di hadapannya ada orang yang makan, sampai dia selesai makan atau kenyang.” (HR. At-Tirmidzi, 2/141, hadits nomor 782)

9. Malaikat mengamini doa orang yang menjenguk orang yang sakit atau meninggal.

Diriwayatkan dari Ummu Salamah ia berkata, Rasulullah bersabda, “Apabila kamu menjenguk orang yang sakit atau meninggal, ucapkanlah doa yang baik. Karena malaikat mengamini apa yang kalian ucapkan.” (HR Muslim, 2/633, hadits nomor 919

10. Malaikat mengamini setiap orang yang mendoakan saudaranya sesama muslim

Di riwayatkan dari Abu Darda’ a, ia berkata, “Rasulullah bersabda,‘Tidaklah seorang muslim berdoa untuk saudaranya secara diam-diam kecuali malaikat akan berkata, ‘Dan bagimu juga’.” (HR. Muslim)

11. Doa keselamatan dari malaikat di kedua sisi sirath.

Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri a, ia berkata, “Rasulullah n menjelaskan tentang syafaat, lalu beliau bersabda, “Sesungguhnya manusia diletakkan di jembatan neraka Jahanam yang di atasnya terdapat duri dan pengait yang hendak mengait manusia. Dan di kedua sisinya ada malaikat yang berkata, ‘Ya Allah, selamatkan fulan, selamatkan fulan’.” (HR Ahmad, 3/26. Sanadnya shahih)

Semoga kita termasuk golongan yang senantiasa menadapatkan doa dari para malaikat.



Fakhruddin

Sumber: Buku “Iman kepada Malaikat” Karya Muhammad Ash-Shalabi, Penerbit: Ummul Qura, Jakarta

(kiblat.net)

[http://news.moslemcommunity.net]


Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: