Astaghfirullaah.. Gara-Gara Penyakit, Pria Nekat Lompat dari Lantai 21 Apartemen Mediterania Tamansari






Ilustrasi bunuh diri. (kompas)

Moslemcommunity.net - Seorang pria tewas usai melompat dari lantai 21 Apartemen Mediterania Tamansari, Senin (4/6/2018), depresikah dia?

Pria itu bernama Eddy Siswanto Tjokro (58), yang diduga kuat nekat bunuh diri, lantaran depresi akan penyakitnya yang tak kunjung sembuh.

"Mayat ini ditemukan sekitaran Jam 17.45 WIB di Ground Floor Apartemen Mediterania, Jalan Gaja Mada. Diduga kuat, pria ini nekat lakukan bunuh diri dikarenakan dia depresi penyakitnya tak kunjung sembuh," ujar Kapolsek Tamansari AKBP Rully Indra Wijayanto.

Pria bernama Eddy Siswanto Tjokro, seketika tewas di lokasi dan dalam kondisi di beberapa bagian tubuhnya alami patah tulang.

Kejadian ini, pertama kali diketahui oleh Dedy (30), yang sebagai sekuriti apartemen.

"Saksi saat itu bersama teman kerjanya, Robin. Saat asik bertugas jaga di Lantai Ground Floor, tiba-tiba mendengar ada suara seperti ledakan atau barang pecah. Ketika dilihat asal suara itu ternyata seorang laki-laki ditemukan tergeletak dengan posisi tengkurap, wajah di sebelah kiri menempel ke lantai, dan mengeluarkan darah," ucap Rully.

Kemudian, lanjut Rully, ia dan temannya ketika itu menghampiri dan melihat ke atas jika pada atap kanopi di Lantai G3 jebol.

Diketahui, atap itu jebol lantaran terbentur tubuh pria tersebut.

"Akhirnya, kejadian itu dilaporkan ke Binmas di Kelurahan Keagungan. Setelah Binmas datang tak lama kemudian sekitar 15 menit datang, di lokasi ada seorang perempuan serta anaknya mengaku jika yang jatuh itu adalah suaminya. Berdasarkan keterangan sementara yang telah didapat dari anak korban, Albert, bila ayahnya (Eddy) depresi lantaran menderita sakit syaraf kejepit dan autoimune tidak kunjung sembuh," paparnya.

Ia menambahkan, "Anak korban (Albert) malah kembali bercerita, jika ayahnya (Eddy) sempat mengatakan 'lebih baik saya sakit kanker yang langsung mati daripada menderita sakit yang seperti ini'. Itu ucapan terakhir ayahnya. Mayat itu pun akhirnya dibawa ke RSCM," tambahnya.

* Jangan Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Ini Jika Sedang Depresi

Kesedihan adalah bagian dari kehidupan. Lagipula merasa sedih juga menunjukkan kalau seseorang tersebut masih memiliki emosi yang baik.

Tetapi, sedih berkelanjutan hingga berdampak pada proses kehidupan, itu juga berbahaya. Apalagi sampai mengalami perasaan putus asa.

Sayangnya, sulit bagi seseorang untuk mengetahui bila ia memang mengalami depresi.

Beberapa tanda depresi biasanya keinginan makan yang meningkat atau berkurang drastis, tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Depresi juga ditandai dengan selalu merasa terganggu dengan hal-hal kecil, tidak bisa fokus atau berkonsentrasi, dan tak lagi menikmati hal-hal yang membuat bahagia.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi, apabila Anda mengalami depresi atau rasa cemas.

1. Jus buah

Serat dalam buah utuh mengisi dan memperlambat darah untuk mengambil energi. Bila dibuat jus, maka seratnya akan hilang yang berarti Anda ibaratnya hanya minum air gula.

Air gula membuat Anda dengan cepat  bersemangat, tetapi cepat pula semangat tersebut hilang.


Kondisi ini  bisa membuat lapar dan marah yang tentu saja tidak akan membantu seseorang dengan kecemasan dan depresi.

Maka itu, makanlah buah secara utuh (buah potong), dan saat haus, minumlah air putih

2. Minuman bersoda

Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang tinggi tanpa nutrisi. Minuman soda memiliki hubungan langsung dengan depresi juga.

3. Roti panggang

Jika terbuat dari roti putih, roti panggang memang tak disarankan karena tepung putih yang diproses itu dengan cepat meningkatkan gula darah.

Kondisi ini menyebabkan lonjakan energi yang bisa berakibat buruk bagi mereka yang alami kecemasan dan depresi. Lebih baik gunakan roti gandum.

4. Saus tomat

Saus tomat kemasan mengandung banyak gula, yaitu sekitar 4 gram per sendok makan. Makanan yang memiliki pemanis buatan bisa dikaitkan dengan kecemasan dan depresi.

Cobalah buat saus tomat sendiri sebagai gantinya. Jika ingin memberi rasa yang menarik, tambahkan sedikit cabai rawit.


5. Kopi

Jika tidak terbiasa mengonsumsi kopi, kafein di dalamnya dapat membuat Moms gelisah dan gugup. Kopi juga dapat mengacaukan pola tidur, yang tentu saja tidak membantu kecemasan atau depresi.

Bila Anda merasa itu dapat menyebabkan masalah, kurangi kafein secara perlahan. Namun jika sudah terbiasa mengonsumsi kopi, kopi dapat membantu mengurangi perasaan tertekan Anda.

6. Kecap

Selain roti, mie, dan kue kering, kecap juga termasuk dalam makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi oleh orang yang mudah cemas dan depresi.

Makanan ini khusus hanya bagi orang yang sensitif terhadap gluten. Kecap juga bisa membuat diri merasa lamban dan tidak dalam kondisi terbaik.

7. Makanan yang diproses

Mengonsumsi banyak daging olahan, makanan yang digoreng, olahan sereal, permen, kue kering, dan produk susu berlemak tinggi, cenderung membuat seseorang jadi cemas dan tertekan.

Atur pola makan dengan konsumsi makanan biji-bijian kaya serat, buah-buahan, sayuran, dan ikan agar dapat membantu kesehatan mental tetap lebih baik.

Sumber: Tribunnews

[http://news.moslemcommunity.net]


Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: