Mataf Dibuka Bagi Jamaah Umrah Selama Ramadhan

Setelah pembatas dingongkar kini area mataf lebih lebar dan larang. (foto: saudigazette.com)

Moslemcommunity.net - Area mataf (pelataran Ka'bah) di Masjid Al Haram, Makkah, Arab Saudi, akan dibuka bagi jamaah umrah selama bulan suci Ramadhan. Emir Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal yang juga Ketua Komite Haji Pusat dan penasihat untuk Penjaga Dua Masjid Suci, mengatakan jamaah biasa yang tidak menunaikan umrah tidak diizinkan memasuki mataf antara waktu shalat maghrib dan akhir shalat tarawih.

Namun, selama 10 hari terakhir Ramadhan, ia mengatakan area mataf akan disediakan jamaah umrah hingga akhir shalat tahajud. Dilansir di Saudi Gazette, Senin (7/5), jamaah yang ingin melaksanakan shalat harus pergi ke area di luar mataf, di mana mereka diizinkan beribadah shalat di tempat tersebut.

Sementara itu, lantai dasar telah dialokasikan untuk itikaf (berdiam dengan cara beribadah di dalam masjid). Beberapa jamaah yang menjalankan itikaf dapat diarahkan ke lokasi spesifik lainnya di area perluasan di utara jika diperlukan.

Menurutnya, langkah-langkah ini dilaksanakan demi kenyamanan jamaah dan pengunjung. Kebijakan itu akan diterapkan setelah mereka melakukan evaluasi terhadap langkah-langkah yang diambil selama musim Ramadhan yang lalu. (ihram.co.id)

[http://news.moslemcommunity.net]
Banner iklan disini
loading...