Masya Allah.. Gurun Pasir di China yang Bisa 'Bernyanyi'






Gurun pasir Xiangshawan di Inner Mongolia yang bisa 'bernyanyi' (Wahyu/detikTravel)

Moslemcommunity.net - China punya gurun pasir yang ajaib. Gurun ini bisa mengeluarkan suara seperti 'bernyanyi' ketika traveler berjalan di atasnya. Benarkah?

Xiangshawan, begitulah nama gurun pasir ini di mata warga lokal. Gurun pasir ini juga terkenal dengan sebutan 'Whistling Dune Bay' alias gurun pasir yang bisa 'bersiul'.

detikTravel berkunjung ke gurun ini 2 pekan lalu bersama dengan rombongan Halal Trip HIMPUH (Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji) yang rencananya akan membuka pasar dan industri wisata halal ke destinasi ini.

Lokasi gurun pasir ini ada di Dalad Banner, Inner Mongolia, China. Tepatnya di bagian timur Gurun Pasir Kubuqi. Gurun pasir ini diberi nama demikian karena menurut warga lokal gurun ini bisa 'bersuara' saat traveler berjalan di atasnya.

Gurun Pasir Xiangshawan (Wahyu/detikTravel)

Menurut Aming, pemandu yang menemani rombongan detikTravel, gurun ini akan mengeluarkan suara jika kita menginjakkan kaki di atasnya. Jika tidak, maka gurun pasir ini akan diam.

"Ini gurun ada suaranya. Kita jalan di atasnya, ada suaranya. Kalau kita diam, tak ada suaranya. Kalau kita pijak, baru ada suaranya. Ada angin meniup pasir, pasirnya seperti berbunyi," jelas Aming pada detikTravel, Jumat (4/5/2018).

Seperti kata Aming, penjelasan yang paling bisa diterima dari fenomena alam ini adalah gesekan antar butiran pasir ditambah dengan tiupan angin yang akhirnya bisa menghasilkan bunyi. Tapi itu juga belum terbukti kebenarannya secara ilmiah.

"Sudah banyak peneliti yang ke sana, tapi sampai sekarang tidak ada hasilnya," imbuh Aming.

Terlepas dari fenomena alam unik itu, Xiangshawan kini menjelma sebagai destinasi wisata yang sangat terkenal di mata wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Gurun pasir ini bahkan mendapat sertifikasi sebagai destinasi wisata Grade-AAAAA dari Badan Pariwisata Nasional China.

Di gurun pasir ini dibangun resort wisata terpadu, dimana traveler bisa mencoba aneka wahana permainan yang seru. Dari mulai naik unta, jeep, atv, flying fox, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semuanya tentu saja dilakukan di atas gurun pasir.

Naik mobil bak terbuka (Wahyu/detikTravel)

Saat rombongan detikTravel datang, destinasi ini sudah ramai dengan pengunjung. Dari pintu masuk, traveler harus naik ski lift menuju ke area resort Xiangshawan. Setelah itu, baru naik mobil offroad bak terbuka hingga ke area wahana permainan.

Oh iya, traveler bisa menyewa semacam 'gaiter' alias pelindung sepatu supaya pasir gurun tidak masuk-masuk sampai ke dalam. Harga sewanya sekitar 20 Yuan (Rp 40 ribu-an). Tapi kalau tidak menyewa pun tak apa-apa.

Salah satu wahana yang paling banyak diantre wisatawan tentu saja wahana naik unta. Traveler bisa merasakan sensasi duduk di antara 2 punuk unta. Traveler akan naik unta bersama 4 orang lainnya karena dalam 1 barisan berisi 5 ekor unta. Di depan, petugas akan menuntun barisan unta ini keliling gurun pasir Xiangshawan

Rasanya cukup seru naik unta ini. Kita jadi bisa merasakan bagaimana perjalanan para musafir atau pedagang dari Arab yang naik unta menyusuri padang pasir hingga sampai ke negeri China. Tak kalah serunya, traveler harus coba naik ATV, mobil jeep serta flying fox.

Puas bermain, traveler bisa istirahat sambil jajan. Ada area restoran dan juga toko souvenir. Ada juga panggung terbuka dimana sering digelar acara-acara hiburan. Bahkan kawasan ini dilengkapi juga dengan Desert Lotus Hotel yang bentuknya sangat futuristik.

Semua wahana di Xiangshawan ini bisa traveler nikmati tanpa perlu membayar lagi karena sudah termasuk dalam tiket masuk. Mau naik sampai berkali-kali juga boleh, asalkan tertib antre dari awal lagi. Mau coba? (detik.com)

[http://news.moslemcommunity.net]


Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: