Mantan Pejabat Senior Cina Divonis Penjara Seumur Hidup






Bendera Cina. (foto: google)

Moslemcommunity.net -Seorang mantan pejabat senior Cina Sun Zhengcai dijatuhkan vonis kurungan seumur hidup oleh pengadilan negara setempat. Sun terbukti telah menerima suap sebesar lebih dari 26,7 juta dolar AS.

Seperti diwartakan BBC, Selasa (8/5), pria berusia 54 tahun yagn juga mantan ketua partai Chongqing mengaku bersalah atas dakwaan yang ditujukan kepadanya pada April lalu. Aset Sun yang didapatkan secara ilegal juga akan disita oleh negara.

Penangkapan Sun merupakan bagian dari kampanye anti-korupsi yang dilakukan Presiden Cina Xi Jinping. Sun merupakan salah satu pejabat yang disebut-sebut mampu mengambil alih kepemimpinan dalam partai Komunis Cina.

Sejak terpilih sebagai presiden pada 2012 lalu, Xi Jinping mulai gencar melakukan kampanye anti-korupsi. Kamapnye tersebut telah menyasar sekitar 1,3 juta pejabat pemerintahan di Cina.

Selama lima tahun terakhir, Xi telah bekerja keras untuk membangun kultus kepribadian dan meminta kesetiaan yang tak tergoyahkan dari para pejabatnya. Ia juga membungkam perbedaan pendapat untuk mengokohkan cengkeramannya di Cina.

Upaya Xi untuk melemahkan faksi-faksi yang bersaing di puncak politik Cina telah membuatnya menjadi orang terakhir yang berdiri di tampuk kekuasaan. Belakangan Xi Jinping juga telah dilantik sebagai presiden Cina seumur hidup. (republika)

[http://news.moslemcommunity.net]


Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: