Distribusi Pangan di Kota Tasik Terus Diawasi Jelang Ramadhan

Stok berada di Komplek Pergudangan Sukagalih Bulog Sub Divre, Jalan Cimanuk, Kabupaten Garut, Kamis (15/3/2018).

Moslemcommunity.net - Tim Satuan tugas Pangan Kota Tasikmalaya terus mengawasi pergerakan bahan kebutuhan pokok menjelang Ramadan yang tinggal menghitung hari.

Pengawasan yang dilakukan satu di antaranya untuk mencegah berbagai tindakan penimbunan saat memasuki Ramadan.

Kepala Unit I Tindak Pidana Tertentu Satuan Reserse Kriminal Polres Tasikmalaya Kota, Inspektur Dua Ridwan Budhiarta mengatakan, hasil pemantauan sementara, kepolisian belum menemukan indikasi adanya dugaan penimbunan bahan pokok.

"Kami belum menemukan adanya indikasi penimbunan bahan-bahan pokok. Sejauh ini masih aman," kata Ridwan kepada wartawan ditemui di Balekota Tasikmalaya, Jalan Letnan Harun, Senin (14/5/2018) siang.

Dia menjelaskan pengawasan terhadap distribusi dilakukan adalah untuk mencegah terjadi kelangkaan barang yang menjadi penyebab kenaikan harga.

Pengawasan dilakukan melalui terjun langsung memeriksa persedian di gudang penyimpanan, penggilingan, hingga pasar tradisonal maupun modern.

"Pantauan kami selama melakukan pengawasan, situasi di Tasik masih tergolong stabil, tidak ada perubahan harga signifikan. Sejauh ini Hanya ada kenaikan Rp500. Itu masih wajar," katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tasik, Rahmat Mahmuda menyatakan, stok pangan yang tersedia di Kota Tasik terbilang aman hingga lebaran.

Stok beras di Gudang Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional Ciamis mencapai 15.000 ton sementara stok milik Pemkot Tasik sebanyak 280 ton.

Dia mengatakan stok tersebut akan dikeluarkan apabila ada bencana, rawan pangan, atau fluktuasi harga yang cukup tinggi yang perlu operasi pasar.

"Yang penting bagi masyarakat yang kekurangan pangan itu bisa dibagi-bagikan. Kami akan keluarkan kalau memang perlu," katanya. (tribunnews)

[http://news.moslemcommunity.net]
Banner iklan disini
loading...