Anggota DPR Dukung RI Jadi Tempat Pertemuan Kim Jong Un dan Donald Trump






Kim Jong Un saat bertemu Presiden Korsel. Foto: AFP

Moslemcommunity.net - Presiden Jokowi menawarkan Indonesia menjadi tempat pertemuan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump. Tawaran Jokowi didukung anggota Komisi I DPR.

"Indonesia merupakan kandidat yang sangat baik bagi berlangsungnya pertemuan kedua pemimpin tersebut. Politik bebas-aktif yang dipraktikkan selama ini menjadikan Indonesia satu dari sedikit negara yang bisa diterima sebagai honest broker (juru damai yang imparsial) terkait konflik di Semenanjung Korea," kata anggota Komisi I DPR Charles Honoris kepada wartawan, Kamis (3/5/2018).

Charles juga menyinggung peran presiden RI ke-5 Ibu Megawati Soekarnoputri dalam upaya mendamaikan Korut dan Korsel. Pada tahun 2002, dia menambahkan, Korea Utara mengakui bahwa mereka telah melakukan penculikan terhadap beberapa warga negara Jepang. Saat itu Jakarta menjadi lokasi sejumlah korban penculikan diserahkan oleh pemerintah Korea Utara ke pemerintah Jepang. 

"Artinya, Indonesia dianggap negara netral yang bisa mengakomodir Korea Utara dan Jepang," ujar Charles.

"Seperti Bung Karno dengan gagasan KAA nya, presiden Jokowi ingin membawa Indonesia untuk memainkan peran strategis dalam upaya menciptakan perdamaian dunia," pungkasnya.

Charles Honoris. Foto: Ari Saputra

Jokowi sudah menawarkan langsung ke Duta Besar Korea Selatan Kim Chang-beom soal keinginan untuk bisa memediasi pertemuan itu. Tawaran disampaikan di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (30/4) lalu.

"Di dalamnya tadi kami menawarkan apabila ada rencana pertemuan Presiden Kim Jong-Un dan Presiden AS Donald Trump, Indonesia juga tawarkan. Kami sampaikan Indonesia siap jadi tuan rumah bagi pertemuan itu," kata Jokowi. (detiknews)

[http://news.moslemcommunity.net]


Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: