Viral di Medsos Foto Formasi Copet di Kawasan ini, Polisi Berhasil Bekuk 6 Pencopet






Viral di Medsos Foto Formasi Copet di Kawasan ini, Polisi Berhasil Bekuk 6 Pencopet
Gambar 'formasi copet' yang viral. (Istimewa)

Moslemcommunity.net - Sebuah foto yang disebut-sebut sebagai formasi copet di jembatan penyeberangan orang (JPO) menjadi viral di aplikasi perpesanan. Polisi telah mendapatkan informasi tersebut dan menangkap sejumlah copet.

"Ada enam tersangka yang kami tangkap berkaitan dengan adanya informasi pelaku pencopetan yang beroperasi di kawasan Sudirman-Thamrin ini," kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta kepada detikcom, Kamis (28/12/2017).

Keenam pelaku itu adalah Febry Maulana, Eka Rosuanto, Indra alias Iin, Sudiyanto alias Yanto, Candra, dan Muhammad Mahmul. Keenam pelaku ditangkap oleh Tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya yang dipimpin oleh AKP Rovan Richard Mahenu, pada rentang waktu 6-25 Desember 2017.

"Para tersangka ini ada yang berdiri sendiri dan ada yang memang berkomplot," imbuh Nico.
Viral di Medsos Foto Formasi Copet di Kawasan ini, Polisi Berhasil Bekuk 6 Pencopet
Keenam copet yang ditangkap polisi pada rentang 6-25 Desember 2017. (Istimewa)

Berdasarkan keterangan para pelaku, mereka mengakui pernah melakukan aksi pencopetan di lima titik di Jakarta Pusat, yakni di area car free day Bundaran HI, JCC Senayan, JIExpo Kemayoran, sekitar Lapangan Monas, dan di sekitar kawasan Jl Sudirman.

"Ada di antaranya yang beraksi di dalam angkutan Kopaja," tambah Nico.

Dari keenam pelaku ini, polisi menyita 7 unit handphone yang diduga hasil kejahatan. Saat ini polisi masih mendalami untuk mengetahui area operasi lainnya yang dilakukan para pelaku.

Nico menyatakan penangkapan ini adalah tindak lanjut dari pesan yang beredar itu. Pada foto yang tersebar, ada 4 pria yang berdiri di bawah JPO.
Viral di Medsos Foto Formasi Copet di Kawasan ini, Polisi Berhasil Bekuk 6 Pencopet
Pesan siaran yang kemudian menjadi viral. Foto: Istimewa

Dalam broadcast via aplikasi WhatsApp itu juga disebutkan bahwa keempat pria tersebut memiliki peran berbeda-beda, yakni sebagai pengalih perhatian, eksekutor, dan penghalang. Pesan siaran itu pun meminta masyarakat berhati-hati jika melintas di jembatan penyeberangan orang (JPO) atau halte TransJakarta yang tampak ada formasi seperti itu.

Nico belum bisa memastikan kebenaran foto 4 pria yang disebut pencopet itu. "Kami masih mendalami, apakah foto yang tersebar di media sosial itu adalah di antara dari keenam pelaku yang ditangkap," imbuh Nico.

Meski demikian, Nico mengimbau masyarakat tetap waspada. Masyarakat diminta untuk berhati-hati akan barang bawaannya saat berada di tengah keramaian. (Detik)

[http://news.moslemcommunity.net]


Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: