Masya Allah, Inilah Amalan Saleh yang Kekal






Ilustrasi foto: muslimvillage.com

Moslemcommunity.net - Zikir adalah salah satu amal saleh yang kekal. Di mana dengan berzikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala akan mendatangkan banyak kebaikan. Diantaranya, dapat menghapus dan menghilangkan kesalahan, meyelamatkan dari azab Allah, menambah rasa conta dan iman keoada Allah, dan menganugrahkan kemualian.

Zikir adalah ibadah yang paling mudah, tapi mulia dan istimewah. Karena gerakan lidah merupakan gerakan anggota badan yang paling rringan. Tetapi Allah memberikan keistimewaan dan pahala yang lebih yang tidak diberikan kepada lainnya. Oleh karena itu, Allah memerintahkan hamba-Nya agar selalu berzikir

Firman Allah subhanahu wa ta’ala,

“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.”(QS. Al Ahzab: 41-42)

Dalam buku Ensiklopedia Islam Al Kamil yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At Tuwaijiri, disebutkan amalan-amalan saleh yang kekal yang bisa digunakan unt berdizikir,

1. Subhanallah.

Maknanya adalah mengkultuskan dan menyucikan Allah dari segala aib dan kekurangan. Dan meniadakan sekutu bagi-Nya dalam hal Rububiyyah dan Uluhiyyah-Nya, meniadakan penyerupaan dalam semua nama dan sifat-Nya.

2. Alhamdulillah.

Maknanya adalah menetapkan segala pujian untuk-nya. Dialah yang terpuji dalam zat-Nya, nama-Nya, sifat-Nya dan Dia terpuji juga atas perbuatan-perbuatan dan anugrah-Nya dan atas din dan syariat-Nya.

3. La ilaaha illallah.

Maknanya adalahg tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah. Kalimat la ilaaha illallah menafikan peribadatan dari semua makhluk dan menetapkannya hanya kepada Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya.

4. Allahu Akbar.

Maknanya adalah menetapkan sfat-sifat keagungan, kebesaran, dan kesombongan hanya milik Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya.

5. La Haula Wala Quwwata Illa Billah.

Maknanya adalah sesungguhnya hanya Allah saja yang memiliki daya dan kekuatan, tidak ada yang bisa mengubah keadaan selain Allah saja. Dan tidak mungkin kita melakukan perbuatan apa pun selian dengan pertolongan dari Allah.



Sumber: Ensiklopedia Islam Al Kamil yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At Tuwaijiri. Bagain Kedua Fikih Alquran Dan Ash Sunnah. Amalan-amalan saleh yang kekal. Hal 493. (Republika)

[http://news.moslemcommunity.net]


Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: