Tahukah Anda, Manisnya Gula Justru Berikan 5 Efek Pahit Menakutkan ini Untuk Kesehatan Tubuh!







Ilustrasi gula. Shutterstock/Ivto

Moslemcommunity.net - Gula, seperti yang kamu tahu adalah perasan yang bisa memberikan rasa manis pada makananmu. Namun kamu pun tahu bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula mampu membunuhmu secara perlahan.

Masalahnya gula tak hanya bisa kamu temui di makanan berasa manis. Minuman, nasi, dan buah pun mengandung gula tersembunyi yang membahayakan.

Well, selain diabetes, berikut adalah efek buruk gula untuk kesehatan tubuh seperti yang dilansir dari boldsky.com.

Bersifat adiktif
Gula mampu bersifat adiktif sebab saat kamu mengonsumsinya, gula akan melepaskan senyawa dopamin yaitu senyawa kimia yang bisa membuatmu merasa bahagia. Oleh sebab itu kamu pun bisa kecanduan akan gula sebab kamu berpikir bahwa makan gula akan menghilangkan kegalauan hatimu.

Menyebabkan kerusakan hati
Saat gula masuk ke aliran darah, maka akan dicerna di saluran cerna dan dipecah menjadi glukosa dan fruktosa. Di satu sisi glukosa dapat ditemukan di setiap sel tubuh dan tubuh pun memproduksinya. Namun fruktosa sebenarnya tidak diperlukan oleh tubuh. Hati pun akan mencernanya. Namun saat di tubuhmu terlalu banyak fruktosa, maka hal ini akan membebani kerja hati dan berakibat munculnya komplikasi kesehatan.

Membuat hati berlemak
Sama dengan penjelasan di atas, bila terlalu banyak fruktosa dalam hati, maka sistem metabolisme hati akan mengubahnya menjadi lemak. Saat tak semua lemak hati bisa keluar, akan terakumulasi dan menyebabkan penyakit hati.

Penyebab kanker
Tingginya tingkat insulin dalam tubuh karena konsumsi gula bisa menyebabkan kanker. Selain itu, karena kebanyakan gula bisa mengakibatkan gangguan metabolik maka akan menyebabkan peradangan dan mengarah ke kanker.

Menyebabkan kerusakan gigi
Bakteri berbahaya yang hadir dalam gula dapat menyebabkan kerusakan gigi. Contohnya adalah gigi berlubang atau gigi keropos.

Selain efek di atas, gula sebenarnya tidak mengandung nutrisi apapun namun tinggi kalori. Itulah sebabnya saat kamu makan banyak gula, maka tubuhmu bisa menggemuk.

merdeka.com

[http://news.moslemcommunity.net]


Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: