Wow, Harga Cabai di Daerah Ini Tembus Rp80 Ribu/Kg!






Wow, Harga Cabai di Daerah Ini Tembus Rp80 Ribu/Kg!
Lonjakan harga sayur mayur tertinggi terjadi pada cabai rawit yang saat ini menembus angka Rp80 ribu/kg, dari harga sebelumnya Rp30/kg tiga hari lalu. Foto/Istimewa

Satu minggu menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Kabupaten Kuningan, Jawa Barat mengalami kenaikan signifikan. Lonjakan harga tertinggi terjadi pada harga cabai rawit yang saat ini menembus Rp80 ribu/kg. Padahal tiga hari sebelumnya hanya Rp30/kg.

Sementara harga cabai merah naik dari Rp50 ribu menjadi Rp60 ribu/kg. Selian komoditi cabai, kenaikan harga juga terjadi pada komoditi lainnya, seperti kentang, bawang merah dan kol. Masing-masing komoditi naik Rp2.000/kg.

"Meningkatnya kebutuhan masyarakat menjelang perayaan Natal dan akhir tahun membuat harga sayur mayur dari distributor mengalami kenaikan. Selain itu, kenaikan harga kebutuhan pokok ini akibat para petani mengalami gagal panen," kata Yuyun, salah seorang pedagang di pasar tradisional Kuningan, Sabtu (17/12/2106).

Akibat naiknya sejumlah bahan kebutuhan pokok, para pedagang mengalami penurunan omzet hingga 50%. Meski mengalami penurunan omzet, pedagang yakin pembeli akan meningkat saat mendekati Natal dan Tahun Baru.

"Biasanya pembeli akan naik pada saat mendekati hari-hari Natal dan akhir tahun," kata Yuyun.

(dmd) 

sindonews




Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: