Video Tradisi Gotong Rumah ini Mungkin Hanya Ada di Indonesia






Polewali Mandar: Akulturasi budaya atau percampuran dua budaya tidak membuat tradisi gotong-royong di Tanah Mandar, Sulawesi Barat, sirna digerus zaman. Agama dan politik yang berbeda juga tak membuat sekat-sekat sosial di antara beragam suku yang sudah lama hidup berdampingan secara damai.

Gambaran itu tampak saat ratusan warga pesisir Kampung Pajjala, Polewali Mandar melakukan tradisi angkat rumah, baru-baru ini. Ratusan gotong royong memindahkan rumah kayu berbobot puluhan ton milik salah seorang warga. Secara sukarela warga membantu dengan ikhlas dan tanpa mengharap imbalan sepeser pun.

Umumnya tradisi angkat rumah dilakukan pada Jumat bertepatan dengan hari libur para nelayan. Usai memindahkan rumah ke tempat yang baru, seluruh warga disuguhi minuman atau makanan ringan oleh sang empunya hajat. Pemilik rumah biasanya menyuguhkan cendol atau bubur kacang.

Warga multi etnis di wilayah ini tak membuat tradisi gotong royong di antara mereka menjadi luntur. Para generasi muda yang sebagian memilih berdagang dan bekerja di kantor juga tetap menjaga tradisi mereka hingga turun termurun. Sebuah potret kehidupan yang layak ditiru.(JUM)

 


Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: